PTK PENERAPAN METODE SELF MANAGEMENT

  • 04 Desember 2023
  • WITA

PENERAPAN METODE SELF MANAGEMENT 
DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII LISTRIK SMKN 1 KUTA SELATAN

PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN KONSELING  (PTBK)

OLEH :

NI WAYAN SUDIARI, S.Pd.
NIP. 19680122202321002

 

Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa. (Uno Hamzah B, 2006). Dimana belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dengan pengajar sebagai pemberi stimulus dan peserta didik sebagai pemberi respon (Slavin, 2000). Sebagai seorang pengajar, mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid itu bervariasi, maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal (Diaz, 1997).


Dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa tidaklah lepas dari peran seorang guru yang merupakan pusat pembelajaran. Setiap media, metode dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar sangatlah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, baik hasil belajar dari segi kognitif, afektif maupun psikomotor. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar” (Rifa’i dan Anni 2009: 85). Guru selalu perhatian terhadap tingkah laku belajar siswa, modifikasi tingkah laku siswa dalam belajar dengan memberikan bimbingan dengan metode yang tepat.
 

Artikel selengkapnya klik DISINI

Komentar

Drs. I Nyoman Supartha, M.Pd
NIP: 19661129 199512 1 003